6 Langkah Cara Membuat Blog di Blogger

“Anda ingin terkenal sebagai blogger?”

“Anda bersedia berbagi ilmu untuk orang lain?”

Sekarang bisa anda wujudkan dengan Membuat Blog di Blogspot.

Syaratnya harus punya akun google.

Bikinnya mudah, kalau belum tahu silakan buat gmail. Sebelum membuat blog ada pertanyaan mendasar yang harus anda jawab yah minimal dipikirkan :)

Apa tujuan anda memiliki blog?
Ini menjadi penting untuk ditanyakan di awal karena motivasi awal inilah yang akan memberikan semangat pada saat mulai menyandang gelar sebagai blogger.

Jawaban tidak perlu filosofis yang praktis-praktis aja bahkan kalau pun belum punya jawabannya sekarang tidak masalah, seperti yang saya katakan jawaban pertanyaan di atas hanya pengingat saat rasanya malaaaass sekali mengurus blog.


Mulai Membuat Blog

Lanjut Mang..

Langkah #1

Silakan ketik http://www.blogger.com di browser anda atau anda pun bisa mengaksesnya langsung di tautan blogger. Akan muncul notifikasi login blogger seperti pada gambar 1 di bawah silahkan masukkan alamat email dan sandi anda.

Buat blog
Gambar 1. Login Blogger


Langkah #2

Jika Anda baru pertama kali mengakses blogger tampilan seperti gambar di bawah akan muncul yaitu opsi profil anda yang nantinya muncul di publik.  Anda bisa memilih profil google plus atau tetap menggunakan profil blogger.

Saran saya pilih profil google plus karena dengan mengaktifkan profil G+ pada blogger ini akan menambah nilai plus blog di mata mesin pencari seperti google atau bing. Nilai plus lain postingan bisa otomatis langsung di share di profil google plus anda.


konfirmasi profil google plus
Gambar 2. Konfirmasi Profil Blogger


Langkah #3

Pada tahap ini silakan anda ikuti proses pengsian formulir untuk melengkapi profil google plus anda seperti ilustrasi Gambar 3. Proses ini hanya 3 langkah hingga selesai.


cara buat profil google plus
Gambar 3. Membuat Profil Google Plus

Langkah #4

Pada tahap ini profil google plus anda sudah jadi sekarang klik lanjutkan ke blogger seperti terlihat pada gambar 4.

profil google plus
Gambar 4. Profil Google Plus


Langkah #5

Saat ini akun email anda sudah terdaftar di blogger. Silakan klik Blog baru, ini bertujuan membuka proses pendaftaran nama blog baru anda.

buat blog baru
Gambar 5. Daftar Blog Baru

Langkah #6

Ini langkah terakhir sekarang silakan masukan judul blog misalkan Blog Belajar Masak, Diaryku, dll. Oh ya Judul blog bisa diubah nantinya jadi jangan terlalu lama memikirkan nama blog pada proses ini.

Yang perlu dipikirkan dengan matang justru pada tahap ini yakni memasukkan alamat blog.

Untuk pemilihan alamat blog mirip dengan syarat penulisan akun alamat email. Usahakan alamat blog sesuai dengan judul blog atau isi blog nantinya.

Secara otomatis setelah anda mengetikkan alamat akan muncul tambahan blogspot.com lalu tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa alamat yang anda pilih masih tersedia seperti terlihat kotak hijau pada gambar di bawah.


daftar blog baru
Gambar 6. Daftar Blog Baru
Untuk template biarkan saja pada kondisi default yakni pada kotak pertama di pojok kiri atas berjudul sederhana karena template bisa disesuaikan (custom) setelahnya.
Jika alamat blog anda masih dalam kondisi tersedia lanjutkan dengan klik buat blog. Selamat sekarang anda telah memiliki blog untuk mengeceknya silakan ketik http://alamatblog.blogspot.com pada browser lalu enter.

Tutorial cara membuat blogsudah selesai, proses di atas akan lebih singkat pada saat menambah blog baru karena tidak perlu melakukan langkah #2, #3, dan 4#. Konon satu akun gmail boleh membuat hingga 100 blog di blogger.

Posting selanjutnya tentang menulis postingan, Bagaimana mudah bukan? jika ada kesulitan jangan segan bertanya di kolom komentar di bawah. Semoga ada manfaatnya untuk anda dan happy blogging.

Facebook Comments

0 comments