Mudahnya Mengganti Template Bawaan Blogger

mengganti template blogger

Sudah banyak nasehat mengatakan
           "Jangan gonta-ganti template itu cuma buang-buang waktu",

kan lebih baik fokus membuat konten blog. Yah ada benarnya sih. Untuk yang memang doyan bergaul dengan kode-kode pemrograman kegiatan mengedit atau belajar membuat template dari nol bisa jadi aktivitas yang lebih menyita waktu dibandingkan berbagi pengalaman melalui membuat artikel postingan bermutu di blog.

Seperti nasehat kuno yang bilang “Hanya dirimu sendiri yang tahu apa yang kamu mau”, malah dengan sering otak-atik template dijamin suatu saat anda bisa menciptakan template karya sendiri yang tercantum di footer blog tertulis © buatan gw dong 2016 - All right reserved.

Dan menjadi lebih keren lagi Anda jadi punya kapasitas untuk membagikan ilmu cara membuat template yang telah terbukti.

Kelebihan Template Blogger 

Blogger menyediakan beberapa jenis template sesuai jenis blog. Ada yang bertipe simple, dynamic views, Picture window, Awesome, dll. Umumnya blogger di awal belajar ngeblog dengan menumpang domain blogspot hampir pasti memakai template bawaan blogger ketika pertama kali membuat blog.

Menggunakan template asli dari blogger sebenarnya harus anda lakukan supaya terbiasa dengan struktur templatenya, yang pada gilirannya anda jadi paham untuk melakukan modifikasi kode-kode pemrograman di dalamnya.

Tampilan Visual Mudah Dimodifikasi

Blogger menyediakan fasilitas perancang template yang berguna untuk melakukan modifikasi tampilan visual blog agar sesuai selera. Saat mengedit dijamin Anda tidak akan bertemu dengan kode HTML, dan CSS tinggal klak-klik-drag beres. Tapi alangkah baik kalo mulai mengenal cara menulis kode HTML, dijamin akan meningkatkan kualitas blog Anda.

Perancang template


Loading Super Cepat  

Google sendiri yang bilang “The web must be fast”, dan Ya mereka konsisten dengan algoritmanya. Blog. Untuk kecepatan template bawaan memang sudah cepat load timesnya.

gtmetrix template bawaan

Kekurangan Template Blogspot

Keterbatasan yang ada dalam template blogspot saya kira memang disengaja pihak Google dengan tujuan justru ingin memberikan keleluasaan pengguna agar bisa melakukan modifikasi yang dianggap perlu sesuai dengan karakter blog.  

Kurang SEO-friendly

Factor SEO memang sudah seperti harga mati jika ingin mendapatkan tempat di halaman pertama pencarian organic google (SERP). Perbaikan tag heading, image salah satu contohnya.

Struktur Gado-gado 

Maaf saya tidak bisa menemukan kata yang tepat. Yang mau saya katakan struktur penyusun template blogger yang terdiri atas header, blog post, gadget, footer digabungkan dalam satu lembar file XML. Ini terasa menyulitkan bagi saya saat melakukan edit terhadapnya.


Cara Mengganti Template

Terus gimana agar template di blog Anda supaya sesuai dengan yang Anda mau? 
Pilihannya cuma 2:
1. Edit sendiri template bawaan. 
2. Anda ganti dengan template blogger yang gratisan atau premium alias berbayar.


Mengedit Template Bawaan Blogspot

Sebaiknya anda anggarkan waktu hingga tak-terbatas karena ini cara yang sangat tidak disarankan jika anda benar-benar pemula. Saya bilang ini karena untuk mengubah kode template blogger anda harus sangat paham kode HTML, CSS. Tentang Javascript bolehlah hanya copy paste kode yang banyak beredar di halaman  pencarian google.

"But it takes a lot of times and hard work", yang akhirnya Anda menjadi tidak punya waktu mengisi halaman blog. Saran saya Anda belajar mengedit template pada blog yang dikhususkan sebagai blog testing disela-sela Anda membangun blog yang lain.

Mengganti dengan Template baru

Penyedia template gratisan dan premium alias berbayar banyak tersedia. Cuma kalau boleh menyarankan gunakan template menowo silahkan kunjungi blog mas arif atau mas sugeng. Mereka itu  blogger lokal yang vokal dalam berderma template. 


Urutan Mengganti Template 

Cara #1
  • Siapkan template berekstensi xml. Jika masih dalam ekstensi rar atau zip, silahkan diekstrak dahulu menggunakan software ekstraktor seperti WinRar atau WinZip. Buka file tersebut lalu copy.
  • Login blogger > Template > edit HTML >  Ctrl A > Delete
    menu blogger

    simpan template blogger
    • Lalu paste file yang template yang sudah berekstensi xml.                                                            
    • Klik pratinjau template jika cocok akhiri dengan klik Simpan template.

    Cara #2
    • Login blogger pilih Template
    • Klik tombol Cadangkan/pulihkan. Ini posisinya di kanan atas.
    • Muncul pop up
    pop up template


    Keterangan
  1. Unduh template artinya anda dipersilahkan membackup template sebelum perubahan.
  2. Pilih file akan menuju lokasi file template baru.
  3. Unggah-Upload file tsb.
  • Selesai.

Tips.
Selalu lakukan back-up sebelum melakukan perubahan pada template, agar dapat mengembalikan perubahan seperti semula jika terjadi hal yang tidak diharapkan.

Masih bingung? Atau ingin membagikan pengalaman Anda dalam mengganti template, saya akan senang membaca cara Anda pada kolom komentar. 



Facebook Comments

0 comments