Mengenal HTML Dasar

Bagi blogger pemula penting mengenal HTML dasar. Dengan memahami teknik penulisan kode markup maka cara anda mengisi konten blog menjadi variatif yang pada akhirnya memuaskan konsumen anda.

Berkenalan dengan kode-kode yang menyusun dokumen HTML tidak akan afdol kalau anda tidak punya kehidupan digital dalam dunia internet. Maksud saya anda baiknya membuat sebuah blog gratisan dulu seperti ini yang penting anda punya tempat secara online mempraktekkan kode html yang anda buat.

Definisi HTML

HTML merupakan bahasa markup yang dgunakan untuk membuat kerangka halaman web. Jadi bukan bahasa pemrograman seperti umumnya, melainkan hanya ingin pemberi tanda pada text yang ada.

HTML sebagai penyusun struktur halaman web yang berkembang sejak tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee sudah berkembang hingga versi HTML5 sekarang ini. Saya tidak tahu seperti apa versi yang sebelumnya tapi sejauh yang saya tahu kita tetap bisa belajar langsung dengan versi yang sekarang.

Kode HTML yang membentuk sebuah halaman web dapat kita lihat dengan cara buka sebuah halaman web lalu klik kanan dan pilih lihat sumber laman pada chrome, atau jika browser anda Mozilla klik kanan lalu pilih view page source. Tampak sangat mengintimidasi yah tampilannya, memang tapi seperti kata tetangga

Bisa karena biasa,.... bosan karena kebiasaan ha..ha..

Tools Pendukung Belajar HTML

  • Teks Editor
  • Browser
logo Browser Mozillalogo Browser Chromelogo Browser Internet Explorer

Pemilihan editor teks

Editor teks digunakan untuk menulis kode dalam format teks sederhana (plain text). Ini dilakukan menggunakan notepad bawaan windows, tapi tidak disarankan menggunakan software sejenis MS Word.

Saya sendiri menggunakan Notepad++ v6.9.2. Program ini ringan saat dijalankan, memiliki syntax highlighter, mendukung banyak bahasa pemrogrman dengan tampilan yang sederhana. Berita baiknya program ini sering diupdate dan dapat diunduh secara gratis.

logo resmi notepad++

Koding menggunakan smartphone bebasis android juga bisa dilakukan bahkan pada beberapa situasi lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja. untuk keperluan ini saya menggunakan teks editor jota+ version 2015.04. Tersedia juga versi berbayarnya.

File HTML yang saya buat lewat PC bisa dieksekusi lewat jota+, demikian pula sebaliknya.

Menggunakan browser modern

Tool ini bertugas menerjemahkan kode html menjadi laman web. Khusus mengenai bowser anda sebisa mungkin selalu mengupdatenya agar laman web dapat ditampilkan secara optimal pada layar.

Browser yang tidak diupdate akan kehilangan cara untuk menerjemahkan tag atau atribut terbaru dalam HTML5. Firefox Mozilla dan Chrome bisa menjadi pilihan utama.

Memahami sintaks dokumen HTML5

Mengapa HTML5? karena inilah versi HTML yang berlaku pada sekarang, dan umumnya browser modern telah mengikuti aturan dalam penulisannya seperti yang diatur oleh konsorsium world wide web (W3C).

Langkah #1 Menuliskan Sintaks (kode dasar)

Sekarang kita coba menuliskan kode HTML untuk pertama kali yang hasil akhirnya bolehlah disebut website. Meskipun sederhana ini tetap website. Tuliskan kode berikut di teks editor anda.

cara menulis kode html

Langkah #2 Menyimpan File

Beri nama file Belajar HTML dasar.html seperti ditunjukkan oleh no.1, pada kolom save as pilih all files (no.2). Untuk ekstensi file yakni html atau htm sama saja browser tetap mengenal bahwa itu adalah ekstensi file jenis HTML.

cara menyimpan file HTML

Langkah #3 Melihat hasilnya di browser

Sekarang kita akan melihat tampilan kode HTML dasar dengan cara klik ganda nama file. Saya ucapkan selamat pada praktek koding anda karena website pertama anda sudah jadi tapi jika sama seperti gambar di bawah :-)

membuat website pertama

Perbandingan antara gambar kode HTML dengan tampilan HTML di web browser

  1. Cara Belajar HTML dasar merupakan Judul laman.
  2. Merupakan URL (Uniform Resource Locator) yakni alamat laman di web.
  3. Tampilan tag Heading.
  4. Tampilan tag paragraf.

Demikian sharing tentang mengenal HTML dasar Tutorial berikutnya tentang aturan dasar penulisan kode HTML.

This Is The Oldest Page
Facebook Comments

0 comments



This Is The Oldest Page