Cara Membuat Postingan Di blogger

membuat postingan blogger

Apa yang membuat suatu blog menjadi sangat terkenal hingga memiliki ribuan follower? Tidak lain karena KUALITAS TULISAN yang dipostingnya. Untuk membuat postingan yang bermutu khususnya di blogger yang bersifat evergreen alias tidak lekang dimakan waktu memang dibutuhkan skill dan seni yang unik.

Tidak ada jalan pintas, kecuali Anda termasuk blogger instan yang doyan copy paste. Tapi saya percaya pembaca bloggermengajar termasuk dalam golongan kaum kreatif yang menghargai karya orang lain.

Seperti Adagium yang terkenal dalam dunia blogging

“Content is King”
Ini sesuai dengan prediksi seorang prodigy di bidang teknologi multimedia yaitu Bill Gates yang telah memprediksi di 1996, yang bahkan semakin justru terbukti sampai sekarang.
Silahkan baca tulisan asli Content is king oleh Bill Gates.

Setelah anda memiliki blog kalu belum punya ayo buat blog di blogger mudah koq dulu, sekarang waktunya untuk mengisi dengan artikel. Tapi artikel seperti apa yang akan anda tulis?

Tips Pemilihan Topik Postingan:

1. Pilih yang anda kuasai

Jika topik artikel berisi materi yang anda kuasai secara keilmuan dan pengalaman yang nyata tentunya saat menulis kalimat anda akan lancar, alami. Paparan materi akan kaya dengan beragam sudut pandang lantaran anda memang ahlinya di bidang tersebut.

2. Pilih yang yang anda sukai

Ini terkait dengan apa misalnya hobi anda. Apa kemampuan teknis yang dari hobi yang ingin anda bagikan agar pembaca juga bisa melakukan hal yang sama atau minimal memberikan inspirasi terkait hobi tersebut?

Dengan menulis hal yang anda sukai, dampaknya bakal muncul lebih banyak lagi hal-hal menarik yang ingin anda bagikan selama proses kreatif yang anda jalankan. Malah kegiatan mengisi postingan dapat menjadi hal yang menyenangkan bagi anda. Tidak terasa sebagai beban yang pada gilirannya menurunkan semangat ngeblog.

3. Pilih yang sedang trend

Jika anda tipe yang aktif di dunia sosial media maka trend di jagat dunia maya otomatis anda tahu. Siapa, apa yang sedang trending bisa jadi jalan masuk topik menghasilkan artikel unik versi anda.

Apapun topik yang Anda pilih, segera tuangkan dalam bentuk tulisan. Jangan terlalu lama memikirkan pertanyaan apa postingan saya bagus ya?, Bakalan disukai orang gak?, koq kayanya kelihatan cupu? Dan segudang alasan lain yang gak jelas jawabannya. Karena memang Anda BELUM MEMBUAT POSTINGAN.

Jadi dari mana bisa tahu efeknya, lha wong tulisannya belum dilihat orang lain :)

“Practices makes perfect”

Cara Membuat Postingan

Membuat tulisan di blogger dilakukan pada dasbor postingan blogger dengan cara sbb:

#1 Silahkan login ke blogger menggunakan akun gmail.

#2 Pilih entri baru, ada 2 cara seperti terlihat pada gambar di bawah.

Tulisan baru

Anda akan dibawa ke yang dinamakan dasbor postingan. 

Ada 2 cara untuk menulis postingan yakni dengan memilih compose atau dengan cara HTML.

Perbedaannya pada metode compose anda membuat tulisan layaknya anda menulis dengan menggunakan Microsoft word dengan prinsip WYSIWYG (what you see is what you get). Untuk mengetahui fungsi menu shortcut pada toolbar coba dengan meletakkan mouse di atas menu bersangkutan hingga muncul penjelasan berupa tooltip.

Pada metode HTML, disini anda harus memiliki kemampuan dasar-dasar HTML yang baik untuk bisa menulis postingan dengan rapi dan benar. Namun tidak ada salahnya untuk membiasakan menggunakan metode HTML dalam menulis postingan karena kreativitas anda lebih bisa dipraktekkan lewat metode penulisan ini.

#3 Masukan Judul baru diikuti dengan mulai menulis. 

Untuk mendukung bobot tulisan dapat menyisipkan gambar, atau juga membuat tautan menuju artikel lain. 

dasbor postingan blogger

Jika tulisan yang anda buat belum selesai anda bisa menyimpan dengan memilih simpan pada bilah entri sebelah kiri, atau jika sudah merasa sreg silahkan pencet publikasikan.

publikasikan postingan

Tips:

Usahakan panjang judul tidak lebih dari 70 karakter, agar judul tidak tampak terputus di pencarian google.

Pada metode penulisan HTML jika ingin melihat tampilan sementara jangan pernah kembali ke metode compose melainkan pilih pratinjau. Karena kalau anda lakukan maka seluruh tulisan yang ada akan mengalami perubahan yang tidak anda mau.

Sepertinya sampai disini tulisan singkat mengenai cara membuat postingan di blogger. Semoga Anda terbantu, jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan karena tanggapan anda berguna untuk meningkatkan kualitas postingan ini. 

Ayo mulai Posting …….!!!

Facebook Comments

0 comments